Kamis, 12 Februari 2015

Tips Memberi Obat Untuk si Kecil

Sahabat Cookies



Semua orangtua tentu ingin anaknya sehat selalu, namun pengaruh cuaca buruk saat ini sukses membuat Si Kecil jatuh sakit. Mengingat usia nya yang masih hitungan bulan, kadang Bunda tak tega memberinya obat. Namun demi kesembuhannya, hal ini tetap perlu dilakukan. Jangan khawatir Bunda, sesungguhnya pemberian obat akan terrasa lebih menenangkan jika Bunda tahu langkah-langkah tepatnya. Berikut beberapa tips pemberian obat untuk si Kecil yang bisa Bunda coba praktekan di rumah, selamat mencoba :)

  1. Gunakan alat bantu seperti pipet atau spuit agar memudahkan bayi menelan dan meminimalisir tumpahan. Hindari penggunaan sendok, karena pada umumnya bayi belum bisa menelan sempurna dan cenderung tumpah.
  2. Berilah obat pada saat Si Kecil bangun, tidak saat ia tertidur.
  3. Beberapa obat boleh diminum bersama dengan jus atau susu, namun ada pula beberapa obat yang justru tidak boleh dicampur. Untuk mengetahuinya, bertanyalah pada dokter Si Kecil. Misalnya, obat antibiotik tidak boleh dicampur dengan susu, atau serbuk diare tidak boleh dicampur dengan susu ataupun jus karena akan mengental.
  4. Posisikan Si Kecil menghadap ke atas, terlentang di lpatan antara tangan dan lengan Bunda, sambil dengan pelan-pelan dan lembut masukkan obat dengan spuit atau pipet. 
  5. Berikan obat sedikit demi sedikit, tidak harus selesai dalam sekali pemberian.
  6. Jika belum sampai 30 menit, Si kecil memuntahkan lagi obatnya, maka pemberian obat harus diulang.
  7. Agar Si Kecil tidak merasakan pahitnya obat, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan sirup pemanis pada obat khususnya obat jenis puyer. Namun hal ini tidak berlaku untuk Si Kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar