Kamis, 19 Februari 2015

Matikan TV nya, Sekarang !

Sahabat Cookies


Di usia emas Si kecil (0-6 tahun) bunda benar-benar perlu memperhatikan apa saja yang menjadi konsumsi inderanya. Karena pada masa emas ini dia menyerap semua informasi dengan sangat mudah dan cepat layaknya spons menyerap air (dalam teori Maria Montessori disebut sebagai "Absorbent Mind"). Terutama konsumsi matanya, atau tontonannya. Banyak tontonan yang tidak layak dikonsumsi anak masih bebas tayang di televisi indonesia, dan bahkan ditayangkan di jam-jam anak menonton televisi. Nah, karena hal tersebut masih terjadi maka sudah saatnya Bunda matikan televisi nya, sekarang!

Sebenarnya tayangan seperti apa sihh yang berbahaya bagi anak sampai kita harus mematikan televisi? berikut kriteria tayangan yang tak layak dikonsumsi anak menurut Roslina Verauli, M.Psi, psikolog dari RS Pondok Indah, Jakarta. Happy reading, semoga bermanfaat :)
  1. Tayangan yang mengandung adegan seks.
  2. Tayangan dengan tingkat agresivitas terlalu tinggi.
  3. Tayangan yang mengandung bahasa kasar.
  4. Tayangan dengan konten narkoba.
Jika Si Kecil dibiarkan menonton tayangan yang memuat keempat hal tersebut, maka itu sama saja dengan melakukan pelanggaran terhadap haknya. ”Ini bisa dikategorikan pelanggaran hak anak, dalam bentuk pengabaian pada anak,” tegas Roslina.

Dari sisi kognitif, kemampuan Si kecil tak akan berkembang dengan menonton tayangan yang tak layak baginnya. Pun dari sisi psikososial, Si kecil bisa meniru adegan-adegan tak baik yang disaksikannya di dalam film. Terakhir dari sisi emosional tayangan yang tak layak dapat membuat anak menjadi trauma. Lebih mengkhawatirkan lagi ternyata trauma pada anak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, seperti diungkap oleh Roslina Verauli, Mpsi.

”Jangan salah, trauma itu bisa bertahan lama, lho! Saya ini contohnya, waktu kecil pernah diajak nonton film Pengabdi Setan. Sampai sekarang masih suka terbayang adegan-adegan horor di dalamnya,” ungkap Roslina, sambil bergidik.

Bunda, sekarang sudah tahu kan kriteria tontonan yang tak baik untuk Si kecil. Jadi mari matikan Tv nya sekarang dan ganti dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misal membacakan buku, atau aktivitas yang melibatkan gerak fisik agar Bunda dan Si Kecil lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar