Senin, 02 Februari 2015

Mengajak Si Kecil Makan di Restoran

Sahabat Cookies


Minggu pertama di awal bulan menjadi waktu yang pas untuk Bunda mengajak Si Kecil bermain ke luar rumah. Jika sudah bosan bermain ke tempat yang itu-itu saja mungkin Bunda dan keluarga bisa mengajak Si Kecil untuk mencoba makanan luar rumah yang tentunya memenuhi syarat kesehatan dan kecukupan gizi nya. 
Makan di restoran keluarga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dicoba.  Namun, di usia Si kecil yang memang sedang senang bergerak, tentunya Bunda akan menghadapi beberapa tantangan yang harus disikapi demi terciptanya acara makan yang aman dan nyaman. Apa saja tantangannya? dan bagaimana solusinya?

  1. Si Kecil sedang senang bergerak dan hampir tak bisa duduk diam. Solusinya, beri pengertian padanya bahwa akan ada banyak orang yang makan bersama dengannya dan jika ia tidak bisa duduk tenang maka orang-orang akan terganggu dan itu akan membuat Bunda sedih. Ajarkan pula padanya bahwa jika ia makan dengan tidak tenang, maka akan ada kemungkinan ia tersedak dan itu sangat berbahaya.
  2. Si Kecil memainkan alat makan. Si Kecil selalu tertarik dengan hal-hal baru yang dilihatnya, termasuk pada alat makan di restoran yang kebanyakan memang berbeda dengan yang di rumah. Untuk mengatasi hal itu, alihkan perhatiannya pada mainan lain, Bunda boleh membawakannya stiker karakter yang ia sukai dan buku untuk tempatnya menempelkan stiker tersebut, boneka jari dan miniatur binatang dari plastik juga bisa menjadi pilihan yang tepat.
  3. Si Kecil ingin menjelajah area restoran. Di usia nya yang masih balita sangat wajar memang jika ia ingin selalu mengeksplor ruangan, di mana pun itu. Namun karena restoran adalah tempat umum dan kemungkinan banyak barang berbahaya bagi Si Kecil maka sebaiknya Bunda membatasi akses  baginya ke luar area makan dengan memilih meja di sudut yang lebar dan agak tersembunyi untuk membatasi area pandangnya.
  4. Si Kecil makan berantakan dan belepotan. Pastikan Bunda tidak lupa membawa bibs (celemek dada) agar tumpahan atau jatuhan dari makanan Si Kecil tidak mengotori bajunya, gunakan tissue basah dan kering untuk mengelap makanan yang belepotan di area mulut.

referensi: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar