Rabu, 25 Februari 2015

Mengenalkan Si Kecil Pada Uang

Sahabat Cookies



Menurut Valentino Dinsi dan Laura Khalida dalam bukunya, Mengajari Anak Berbisnis, anak sudah mulai bisa diajari tentang uang begitu mereka mulai sekolah. Di Indonesia Si Kecil yang berusia 3-5 tahun umumnya sudah mulai bersekolah, nah artinya sudah saatnya ia dikenalkan dengan uang. Hal ini menjadi penting, apalagi jika ia sudah mulai diberi uang saku/bekal sekolah, ia tentunya harus diajari bagaimana mengelola uangnya dengan baik. 

Satu hal lagi yang perlu Bunda ingat adalah frekuensi dan jumlah pemberian uang harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak. Berikut tips untuk Bunda dalam memperkenalkan si kecil pada uang.

  1. Ajari dari nominal terkecil. Untuk mata uang rupiah, nominal terkecil nya adalah uang logam Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, Rp. 1000 dan seterusnya. Meski Si kecil akhirnya sudah mengenal uang dengan nominal besar, namun Bunda tetap harus konsisten memberikan uang saku sesuai keperluannya. Bunda juga tetap perlu memberi pengawasan untuk apa saja uangnya digunakan. 
  2. Ajari tentang nilai uang dengan hal sederhana. Misal Si Kecil ingin membeli es krim, minta ia untuk menanyakan pada penjualnya berapa harga eskrim tersebut, lalu berikan sejumlah uang padanya. Jika harus ada kembalian, sebutkan jumlah kembalian yang harus ia terima. Lalu setelah selesai, ajak ia untuk kembali mereview jumlah uang yang diberikan ke tukang es krim dan kembalian yang harus ia terima. Dengan begitu, ia akan mengerti bahwa uang itu memiliki "nilai" dan dapat digunakan untuk membeli sesuatu. semakin berharga/mahal suatu barang semakin besar uang yang harus dikeluarkan.     
  3. Ajari bagaimana cara memperoleh uang. Beri pengertian bahwa uang yang Bunda punya adalah hasil yang diperoleh setelah Bunda atau Ayah bekerja. Agar lebih faham ajak ia untuk "Bekerja" misal menyiram tanaman tiap sore. Untuk tugas tersebut ia akan memperoleh uang seribu rupiah. Dengan begitu Si Kecil akan faham bahwa uang diperoleh setelah seseorang mengerjakan suatu tugas. 
  4. Ajari menabung. Uang yang ia peroleh dengan "bekerja" menyiram tanaman bisa Bunda berikan perhari setelah ia selesai melakukan pekerjaannya.Lalu ajaklah ia untuk memasukkan uang tersebut ke dalam celengan atau kotak yang bisa ia buka setelah 1 bulan. 
  5. Ajari menggunakan uang. Setelah 1 bulan berlalu, ajak ia membuka kotak uang hasil kerjanya dan tanyakan padanya akan digunakan untuk apa uang tersebut. Jika ia kebingungan, Bunda bisa beri masukkan padanya, boleh untuk beli alat tulis atau buku-buku lucu, boleh untuk beli makanan sehat yang ia inginkan, atau boleh juga tetap di simpan di kotak untuk disatukan dengan hasil kerja bulan berikutnya, dan ia akan kagum dengan jumlah uang yang terus bertambah dan bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar