Rabu, 04 Februari 2015

Mengapa Harus Makan Pisang ?

Sahabat Cookies



Sudah bukan rahasia lagi kalau buah-buahan memang bagus untuk tubuh, baik bagi orang dewasa ataupun untuk Si Kecil. Namun ada kalanya kita tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan olahan buah, solusinya? Makan buah pisang saja Bund..karena selain praktis, mudah dibawa kemana-mana, memakan pisang juga memiliki banyak manfaat, apa saja ya ? 
Berikut ulasannya :)

  1. Kaya akan potasium. Sebeum berolahraga berikan Si Kecil 1 buah pisang, karena kandungan potasium di dalamnya dapat membantu otot berkontraksi dengan baik, potasium juga berguna mengurangi masalah kram. Ini pula yang menjadi alasan kenapa para atlet senang makan pisang. Pisang yang berukuran sedang, kurang lebih 125gr mengandung sekitar 400 mg potasium yang dapat memenuhi 10% kebutuhan potasium tubuh dalam sehari. 
  2. Menjaga fungsi otak. Penelitian yang dilakukan pada 200 murid Twickenham Prepatory School, Inggris menunjukkan bahwa ternyata para murid merasa lebih optimal mengerjakan soal ulangan jika pada saat sarapan, jam istirahat, dan makan siang mengkonsumsi pisang. Rahasianya ternyata ada pada kandungan potasium dalam pisang yang juga berperan dalam menjaga fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan fungsi memori dan kegiatan belajar. 
  3. Mood booster food. Pisang seberat 120gr mengandung kadar vitamin B6 paling tinggi yaitu 0,4mg. Vitamin B6 berperan mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin yang kemudian memiliki memiliki fungsi menenangkan otak dan menstabilkan mood. Selain itu vitamin B6 juga memiliki peran dalam pembentukan hemoglobin dan menjaga tingkat gula darah dalam tubuh.
  4. Mengatasi sembelit dan diare. Ingat Bunda, selalu pilih pisang yang sudah matang yang berwarna kuning dengan bercak coklat. Pisang yang sudah matang mengandung serat yang mudah larut dalam tubuh sehingga mampu mengatasi sembelit, diare, serta membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sedangkan serat dalam pisang yang belum matang tidak muah dicerna anak.
  5. MPASI yang baik. Pengalaman makan makanan padat pertama Si Kecil akan menyenangkan jika Bunda memberikannya buah pisang. Mengapa? karena selain mudah dicerna, pisang juga tidak mengandung lemak dan jarang sekali menyebabkan alergi, rasa manisnya pun pasti akan disukai Si Kecil. 
Referensi: www.parenting.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar