Minggu, 22 Februari 2015

5 Bahasa Bayi dan Artinya

Sahabat Cookies


Tahukah Bunda bahwa ternyata ada 5 kata dalam bahasa bayi yang lazim digunakan untuknya berkomunikasi dengan kita orang dewasa? Bahasa bayi ini secara tidak sengaja ditemukan oleh Priscilla Dunstan, sejak batita Dunstan memang sudah memiliki kemampuan untuk mengingat suara, atau dikenal dengan istilah sound photograph. 

Saat Dunstan memiliki bayi, ia merasa bayi nya, Tom meski baru berusia bayi sudah berkomunikasi dengannya, “Karena kemampuan itu, saya bisa memperhatikan pola tangis Tom dan mengingatnya saat ia menangis kembali.”   

Setelah lebih dari 1000 bayi di dunia diteliti, akhirnya bahasa bayi bisa diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima kata dalam bahasa bayi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang dewasa, kata apa saja sih?! Simak yuu….

1. “Neh”. Artinya Si Kecil sedang lapar. Jika kita tidak merespons nya dengan cepat maka ia akan menangis lebih keras lagi. Kata “Neh” ini mirip sekali dengan “Heh” dan ‘Eh”, jadi Bunda harus benar-benar hati-hati mendengarkannya agar tak salah respons.

2. “Heh”. Artinya Si kecil merasa tidak nyaman. Ketika Si Kecil mengucapkan kata-kata ini pasti dengan mimik yang berbeda dengan kata “Neh”. Respons Bunda adalah segera membuat posisi bayi menjadi nyaman agar ia tenang dan tak menangis kencang.

3. “Eh”. Artinya Si kecil ingin bersendawa. Biasanya kata ini akan terlontar saat Si kecil selesai minum susu atau justru saat perutnya sedang kosong.

4. “Owh”. Artinya Si kecil mengantuk. Kata-kata bayi yang ini mungkin menjadi kata yang paling mudah dimengerti karena mudah terbaca dari gerakan mulut nya yang membentuk huruf O.

5. “Eairh”. Artinya Si kecil mengalami perut kembung. Suara ini mirip dengan suara orang menggumam. Jika si kecil mengeluarkan suara “Eairh” ini maka respons lah ia dengan segera memperbaiki posisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar