Minggu, 28 Desember 2014

Mengatasi Anak yang Rewel di Keramaian

Sahabat Cookies


Pergantian tahun sebentar lagi tiba. Hari yang tentunya dinantikan oleh seluruh anggota keluarga, karena di hari itu semua keluarga bisa berkumpul , temu kangen, atau sekedar  ngobrol ringan. Namun kadang ketika para ibu atau bahkan bapa sedang menikmati sebuah obrolan seru, terpaksa terhenti karena rengekan atau  tangisan anak yang rewel. 

Beberapa anak kadang merasa tidak nyaman di keramaian, seperti di mall atau di acara-acara keluarga , peyebabnya bisa macam-macam, mungkin karena ia sedang merasa tidak nyaman dengan kondisi fisiknya,  bisa juga karena kaget dengan terlalu banyak nya orang di sekitar. Dengan penyebab yang berbeda itu, tentu solusinya juga berbeda. Berikut beberapa solusi yang dipaparkan oleh psikolog Febria Indra Hastati, Mpsi, CH, Cht dari Brawijaya klinik tentang cara mengatasi anak yang rewel di keramaian:

  • Pertama, sebelum memutuskan untuk menghadiri sebuah acara/pergi ke suatu tempat orangtua perlu memastikan bahwa kondisi fisik anak dalam keadaan baik, artinya dia tidak sedang sakit atau pastikan bahwa pakaian yang dikenakannya nyaman, atau anak tidak sedang kebelet buang air. Dengan mengutamakan kenyamanan kondisi fisiknya, si anak akan menjadi lebih tenang.
  • Kedua, berikan penjelasan di awal tentang apa yang akan mereka jalani, atau siapkan mentalnya. Misal, Bunda sekeluarga akan menghadiri sebuah perayaan Natal bersama keluarga besar di rumah salah satu kerabat. Maka beri gambaran yang jelas bahwa di sana anak akan bertemu dengan banyak sodara, bahkan mungkin beberapa belum pernah ditemuinya, katakan padanya bahwa akan sangat menyenangkan bertemu teman-teman baru yang dapat diajak main bersama dan bertukar kado. 

Jika memang akan ada acara tukar kado, pastikan Bunda sudah menyiapkan kado minimal 1 hari sebelum acara, agar anak juga dapat ikut memilihkan kado apa yang akan diberikan. Hal ini penting untuk memberikan rasa percaya diri pada anak karena ia merasa dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

  • Ketiga, berilah hadiah atau reward untuk keberhasilan mereka bersikap tenang selama acara. Pemberian hadiah ini merupakan hak anak yang secara tidak langsung membuat mereka tahu bahwa bersikap tenang, sopan, dan santun di hadapan banyak orang itu menyenangkan.  

Referensi: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar