Senin, 29 Desember 2014

Cara agar Aman Berlibur dengan Si Kecil

Sahabat Cookies



Awal tahun Bunda dikaruniai Si kecil, sungguh kado yang tak ternilai harganya dari Yang Kuasa. Menuju ulangtahunnya yang pertama di bulan depan sekalian liburan akhir tahun, Bunda ingin mengajaknya berlibur ke suatu tempat. 
Namun, mengingat usia si kecil yang masih terhitung rentan tentunya Bunda harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu demi kenyamanannya.  Nah apa saja yaa yang harus dipersiapkan agar liburan tetap aman dan menyenangkan? Berikut beberapa tips yang bisa Bunda terapkan:
  1. Kesehatan Si Kecil tentunya prioritas bagi  Bunda, tetaplah berikan ASI (Air Susu Ibu)dan jaga kebersihan makanan dan alat-alat makannya. Mengingat banyaknya orang di tempat liburan, adakalanya tidak memungkinkan untuk Bunda memberikan ASI secara langsung dan memerlukan botol, jangan lupa untuk membawa serta Sterilizer ke tempat Bunda berlibur.
  2. Beri ruang yang cukup untuk Si kecil, agar ia dapat beristirahat. Jangan lupa hal-hal kecil seperti ventilasi udara dan kebersihan udara di tempat Bunda menginap.
  3. Mengingat kulitnya yang masih sensitif, maka hindarkan bayi dari sinar matahari langsung dan hujan.
  4. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit untuk meminimalisir resiko Si Kecil tertular.
  5. Hindari memberikan menu makanan yang belum pernah dimakan bayi sebelumnya. Hal ini sangat penting untuk mencegah shock pada perut bayi.
  6. Hindari perubahan suhu dan cuaca ekstrim di tempat liburan. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil.
  7. Ketika bepergian ke luar gunakan topi dan anti nyamuk yang terbuat dari bahan alami dan aman untuk Si kecil
  8. Untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil konsultasikan rencana liburan Bunda ke dokter. Bila diperlukan mintalah obat dan nomor kontaknya agar Bunda bisa meminta nasihatnya manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama di tempat liburan.
  9. Sebisa mungkin hindari mengunjungi lokasi endemi penyakit. Namun jika tidak memungkinkan (misal sudah booking tiket dari beberapa bulan sebelumnya) maka lindungi Bunda dan Si Kecil dengan vaksinasi.
Referensi: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar