Rabu, 21 Januari 2015

Gelap atau terang untuk Si Kecil?

Sahabat Cookies


Mungkin masih banyak Bunda yang bingung mana yang lebih baik dan aman untuk tidur  Si Kecil, apakah harus dengan lampu yang menyala atau lampu yang dimatikan saja? banyak sumber menyarankan untuk mematikan lampu karena lebih sehat, tapi kalau lampu dimatikan takutnya ada serangga atau semut mengigit Si Kecil dan bisa berakibat fatal karena tidak kelihatan. Nah lhoo, bagaimana solusinya ya? berikut ulasan para ahli yang dikutip dari beberapa sumber. 
Happy reading :)

 “Kalau lampunya terlalu terang, saat bayi terbangun bisa membuat ia benar-benar bangun. Sedangkan jika suasana kamar redup, saat terbangun bayi masih tetap bisa melihat keadaan sekitar dan tertidur kembali,” (dr. Runi Deasiyanti, Sp. A dari Klinik SamMarie)

"Tidur dengan lampu menyala bisa menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi". (Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan pada Juli 2012)

"Tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat". (Julian Robert, Ahli biologi) 

“Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun.” (Prof. Russle Reiter dari Texas University)

"Lights push your child's biological 'go' button, on the flip side, darkness triggers the brain to release melatonin, a key sleep hormone."  (Elizabeth Pantley, penulis buku the No-Cry Sleep Solution)
"Tidur dalam gelap bisa memaksimalkan produksi hormon melatonin ( zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap). Hormon melatonin salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat,bermanfaat sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, selain meningkatkan imun tubuh serta menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti. Itu yang saya baca." (Firdaus Rosandy, Anggota Milis Ibu & Balita).

Nah, sekarang Bunda sudah tahu donk solusinya. Jadi mari matikan lampu demi tidur yang lebih sehat dan berkualitas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar