Kamis, 29 Januari 2015

Bunda Cerdas dan Menyenangkan

Sahabat Cookies


Bunda, bermain bersama anak bukan sekedar untuk membunuh waktu atau pengisi kegiatan. namun, bermain bersama anak haruslah menjadi kesempatan berharga yang dimanfaatkan dengan kegiatan berkualitas yang juga menyenangkan untuk anak. Terutama bagi Bunda yang bekerja, Bunda harus pintar-pintar mencari kegiatan yang seru untuk dilewatkan bersama Si Kecil. Nah, bagaimana sih agar kita tergolong ke dalam Bunda yang cerdas dan menyenangkan untuk anak? berikut tips nya:

  1. Si kecil yang berusia 1-2 tahun, akan selalu minta main dan main, Bunda harus selalu siap bermain kapan pun dengannya
  2. Masuklah ke dalam dunia si Kecil. Cari tahu dan kenali hal-hal apa saja yang disukai dan tidak disukainya
  3. Berilah kebebasan pada Si Kecil, terutama di usia nya yang sedang senang bereksplorasi. Jangan terlalu banyak melarang namun bukan pula membiarkannya sama sekali, dampingan dan arahan tetap perlu diberikan, atau Bunda juga bisa memberikan alternatif padanya. Misal, Si Kecil ingin menaiki tangga dengan menggunakan sepatu Bunda yang tentu saja kebesaran. Berikan pengertian pada nya bahwa hal tersebut berbahaya karena dapat membuatnya terjatuh, arahkan atau beri alternatif pada Si Kecil untuk menggunakan sepatunya sendiri agar lebih nyaman dan aman baginya.
  4. Bermain haruslah menyenangkan, jangan sampai Si Kecil bosan karena Bunda tak memiliki referensi dan variasi permainan yang beragam. Ciptakan variasi-variasi baru sesuai dengan minatnya.
  5. Berikan stimulasi sesuai tahapan perkembangan Si kecil. Bunda bisa mencari referensi dari banyak sumber misal buku tumbuh kembang balita atau searching di internet.
  6. Siapkan fisik  Bunda untuk melakukan aktifitas dinamis seperti meerangkak, melompat, menggendong, dan berlari.
  7. Ciptakan komunikasi dua arah saat bermain dengan Si Kecil dan setelahnya. Tanyakan padanya apakah hari ini dia senang bermain dengan Bunda, apakah ia lelah atau ia malah belum puas dan ingin bermain lagi.

Baca juga artikel lainya.. Sahabat Cookies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar