Senin, 19 Januari 2015

Mengatasi Si Kecil Mogok Sekolah

Sahabat cookies


Setelah terlena dengan libur panjang akhir tahun dan libur semester, mungkin agak berat untuk Bunda maupun Si kecil kembali ke rutinitas awal. Jadwal sekolah, jadwal bekerja, pengaturan jam  tidur, dll. Di hari pertama sekolah kemarin Si Kecil agak enggan atau bahkan menangis tak mau masuk kelas, bagaimana menyiasatinya? Rasanya masih belum terlambat untuk melakukan beberapa tips berikut, selamat mencoba Bunda.

1. Pastikan Si Kecil tidur malam yang cukup. Hal ini penting karena dengan tidur yang cukup, di pagi hari energi dan mood nya akan lebih baik, setidaknya ia tidak akan menjadi tantrum karena ngantuk dan siap pergi ke sekolah dengan segar. 

2. Sarapan itu penting. Hal yang satu ini juga tidak boleh terlewat Bunda, seringkali rasa lapar atau asupan makanan yang tak benar membuat Si kecil rewel, pastikan Si Kecil mendapat asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk energi nya beraktifitas. 

3. Well prepared (dipersiapkan dengan baik). Pastikan semua perlengkapan sekolah Si Kecil tersedia dengan baik sebelum sekolah, artinya Bunda harus menyiapkan perlatan-peralatan tersebut di hari atau di malam sebelumnya, bukan pagi-pagi, agar mengurangi kericuhan sebelum berangkat yang akan membuat mood Si kecil menurun. 

4. Sweet Parting (perpisahan yang manis). Berilah banyak pelukan dan ciuman saat melepas Si Kecil sekolah, dengan begitu ia akan merasa percaya diri dan merasa dicintai. Ia tahu setelah sekolah ia akan segera bertemu kembali dengan Bunda.

5. Konsisten pergi sekolah. Tetaplah bawa Si Kecil sekolah meski harus digendong, karena jika Bunda menuruti keinginannya untuk bolos, maka ia akan mengulangi tindakan itu di lain waktu. Kecuali jika ia memang betul-betul sakit atau ada permasalahan serius di sekolah. 

Referensi: parenting.co.id

Baca juga artikel lainya.. Sahabat Cookies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar