Rabu, 29 Oktober 2014

Si Kecil Susah Tidur

Sahabat Cookies



  • Pastikan bayi dalam keadaan kenyang
Perhatikan asupan nutrisi pada bayi, berikan asupan asi setiap tiga jam sekali (bisa ditambah makanan pendamping untuk bayi berusia di atas lima bulan).Perut yang kosong akan membuat si kecil tidur dengan rasa lapar. Selain tidak baik untuk perkembangan lambungnya, kekurangan asupan makanan juga dapat menghambat tumbuh kembang buah hati anda.
  • Jangan terburu-buru menggendong
Kebiasaan orang tua yang tidak pernah disadari adalah terlalu memanjakan buah hatinya. Memang tak ada orang tua yang tega melihat anaknya menangis, tapi dengan memberikan buah hati anda sedikit waktu untuk menenangkan diri, hal ini cenderung akan membentuk mentalnya.
Anak yang diberi waktu untuk mengatasi rasa tidak nyamannya sendiri, akan terbiasa untuk tidak terlalu bergantung pada orang tua.
  • Biasakan tinggalkan anak sebelum jatuh tertidur
Mendongeng sebelum tidur memang akan mempererat komunikasi antar anak dan orang tua, tapi bukan berarti anda harus selalu berada di samping sang buah hati sepanjang malam.Kebiasaan menyelinap pergi setelah anak tertidur, justru akan membuat anak gelisah saat terbangun dan menemukan kesendiriannya. Biasakan anak untuk tertidur dengan kondisi sendiri.
Hal ini memang tidak dapat berhasil dengan cepat. Butuh kedisiplinan dan ketekunan orang tua untuk mencapai hasil yang maksimal. Bukankah lebih baik mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri sejak dini, ketimbang menyulitkan sang anak di kemudian hari.

Sahabat Cookies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar