Senin, 27 Oktober 2014

Bahaya Memanjakan Anak

Sahabat Cookies


Yang paling membahagiakan seorang wanita adalah menjadi seorang Ibu,apalagi jika itu adalah buah hati pertama yang dikaruniakan Tuhan buat bunda.bunda pasti akan persiapkan segala nya terkadang berlebihan.
tau kah bunda bahwa memanjakan sikecil itu tidak baik? sikecil yang terlampau sering dimanjakan akan membawa dampak perkembangan yang tidak baik di kemudian hari. Oleh karena itu, Bunda perlu berhati-hati dalam memanjakan sikecil.
Banyak dampak negatif bila Bunda memanjakan sikecil contoh nya:
1.      Sikecil akan mempunyai sifat egois atau mementingkan diri sendiri
2.      Sikecil  akan memiliki rasa harga diri yang kurang. Karena selalu dituruti kemauan nya,dilayani, dan dilindungi, akan membuat sikecil memiliki keyakinan bahwa ia “tidak mampu” mengerjakan sesuatu. Mereka nantinya selalu meminta harapan dan bantuan dari orang lain. Selanjutnya, mereka menjadi lekas putus asa dan keras kepala.
3.      Sikecil akan menjadi kurang memiliki rasa inisiatif. Mereka akan memupuk sifat malas. Mereka enggan mengerjakan sesuatu yang sulit karena sejak kecil anak yang dimanja sudah dimudahkan kehidupannya.
4.      Sikecil akan menjadi tidak mandiri. Jika sejak kecil anak sudah dituruti keinginannya, maka ketika besar anak menjadi dependen atau bergantung pada orang lain. Nantinya, dalam mengerjakan sesuatu, anak akan selalu meminta-minta bantuan kepada orang lain.
Nah Bunda pasti tidak inginkan dampak-dampak tersebut terjadi pada sikecil,ayo bunda berikan kasih saying pada sikecil,tapi ingat jangan terlalu berlebihan. semangat Bunda masa depan sikecil adalah tanggung jawab Bunda sebagai orang tua.
Referensi:
Purwono, M. N. (2003). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Web Ibu & Balita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar