Rabu, 14 Januari 2015

Tips Agar Si Kecil Senang Makan Buah

Sahabat Cookies



Si Kecil terus-terusan menolak makan buah, padahal sudah bukan rahasia lagi kalau buah memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Bagaimana ya agar Si Kecil mau dan bahkan menjadi hobbi makan buah? Berikut beberapa tips yang bisa Bunda coba terapkan di rumah.

  1. Beri contoh. Berikan tauladan pada Si Kecil, mulai lah dari Bunda sendiri, konsumsilah buah-buahan dan pastikan Si kecil melihat kebiasaan baik ini, agar kelak ia menirunya.
  2. Beri ia pilihan. Tawarkan pada Si Kecil buah apa yang ingin ia santap sebagai pelengkap menu makan siangnya. Konsistensi Bunda sangat penting dalam menawarkan, agar ia terbiasa mengonsumsi buah.
  3. Libatkan Si Kecil. Ajak Si kecil untuk membantu Bunda mencuci, membersihkan, atau mengupas buah. Demi keamanan, berikan buah yang mudah dikupas oleh Si kecil misalnya pisang, duku, jeruk, atau lengkeng.
  4. Ajak belanja buah. Saat belanja keperluan bulanan, ajaklah Si Kecil ke tempat buah-buahan dan biarkan ia memutuskan buah apa yang ingin ia makan di rumah.
  5. Jadikan buah sebagai penghias piring. Ketika akan menghidangkan cemilan untuk Si Kecil, hiasilah piringnya dengan hiasan buah yang menarik untuk ia makan juga.
  6. Jadikan buah sebagai makanan pelengkap. Ketika menghidangkan makanan kesukaan Si Kecil, sereal misalnya, tambahkanlah potongan buah seperti pisang atau strawberry di atasnya.
  7. Jadikan buah sebagai cemilan. Berikan ia cemilan dengan bahan buah-buahan misalnya kismis atau buah-buahan kering lainnya, hindari permen.
  8. Sajikan buah dengan bentuk lain. Bunda bisa mengolah buah menjadi segelas jus segar atau dibekukan menyerupai es krim.
  9. Berikan yang segar. Tawarkan buah segar yang dipotong-potong, bukan jus buah dalam kemasan. 

Referensi: www.parenting.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar