Minggu, 18 Januari 2015

3 Penyakit Muncul Karena Perubahan Cuaca

Sahabat Cookies


Bunda, cuaca kian tak menentu, hari ini hujan deras, besok malah panas terik. Patokan nama bulan berakhiran -ber untuk musim hujan sudah tak berlaku lagi, hujan bisa hadir kapan saja begitu pun dengan panas. Nah, cuaca galau seperti ini nihh yang  biasanya membuat berbagai macam penyakit muncul, penyakit apa saja yaa? dan bagaimana menanganinya? berikut ulasannya.

Pertama, demam. Daya tahan tubuh Si Kecil yang belum terlalu kuat membuatnya mudah terkena demam baik karena perubahan cuaca atau efek dari imunisasi. Demam umumnya diakibatkan oleh infeksi kuman penyakit atau infeksi virus, cara mengatasinya adalah dengan memberikan banyak cairan agar anak terhindar dari dehidrasi, mengompres, jika diperlukan berilah obat berjenis paracetamol. 

Jika demam Si Kecil mencapai 39 derajat, kejang dan atau terjadi perubahan prilaku ke arah yang tidak normal, maka segera bawa ia ke dokter untuk mendapat perawatan yang lebih serius. 
Kedua, diare. Penyakit diare ini disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit. 

Penyakit diare kadang disertai dengan muntah, badan lemah, panas, tidak nafsu makan, darah dan lendir dalam kotoran. apa yang harus Bunda lakukan jika anak terkena diare? teruslah memberinya cairan agar terhindar dari dehidrasi akibat banyaknya cairan yang keluar, segera berikan cairan gula-garam untuk mengganti cairan tubuhnya yang hilang, janga berikan obat anti diare yang justru akan menghambat keluarnya kuman dari tubuh Si Kecil, berikan makanan padat seperti biasa pada nya namun dengan porsi yang lebih sedikit tapi sering, segera bawa Si Kecil ke dokter jika diare berlangsung lebih dari 2 hari, sering muntah, dan demam sampai 39 derajat celcius.

Ketiga, batuk atau sesak nafas. Batuk pada anak biasanya terjadi karena infeksi saluran pernafasan, masuknya cairan atau benda asing ke paru-paru, sinusitis, atau bisa juga karena alergi. Bagaimana menyembuhkannya? Jika Si Kecil batuk karena adanya lendir, telungkupkan ia dan tepuk-tepuk punggungnya agar dahaknya keluar. jika Si Kecil batuk di malam hari, tidurkan ia dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuhnya. Jika Si Kecil batuk karena gatal di tenggorokan, berikan ia jeruk hangat yang dicampur madu (hanya untuk Si Kecil yang berusia di atas 1 tahun). 

Jika Si Kecil batuk terus-menerus, bantu ia untuk bernafas lebih lega dengan penguapan selama 20 menit. Bawa Si Kecil ke dokter jika batuknya tidak reda setelah 3 - 4 hari atau jika batuknya disertai darah dan sesak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar