Minggu, 25 Januari 2015

Main, Cegah Obesitas Pada Anak

Sahabat Cookies


Bunda, tentu Bunda sudah tahu bahwa jumlah anak penderita obesitas kini semakin meningkat. Hal ini berhubungan erat dengan kebiasaan bermain tablet, menonton TV, dan video game. Intinya, semua permainan yang membuat anak jadi kurang bergerak dan berdiam di tempat dalam jangka waktu yang lama sampai berjam-jam. 

Cara terbaik untuk mencegah Si Kecil terkena penyakit mengerikan ini adalah dengan mengajaknya untuk bergerak lewat permainan-permainan yang menyenangkan.

Permainan seperti apa ya yang menyenangkan untuk dilakukan Bunda bersama Si kecil agar membuatnya senang bergerak? berikut ulasannya ya :) 

  1. Bermain role play (menjadi binatang). Ajaklah Si Kecil untuk bermain menirukan gerakan dan suara seperti binatang. Misal, berlari dan mengonggong seperti anjing, berjalan dan mengeong seperti kucing, melompat seperti kodok dan menirukan suaranya, melata dan mendesis seperti ular, dll. 
  2. Bermain role play (menjadi pemimpin). Sesekali bermain peran menjadi pemimpin akan menyenangkan buat Bunda dan Si kecil. Misal Bunda menjadi pemimpin, Si kecil dan anggota keluarga lain harus mengikuti gerakan Bunda. Buatlah gerakan-gerakan yang melibatkan otot tangan dan kaki untuk bekerja seperti melompat, menggoyangkan kaki, dll. Izinkan pula anggota keluarga lain untuk mencoba menjadi pemimpin. 
  3. Bermain petak umpet. Bunda bisa menjadi Kucing yang mencari tikus (Si Kecil), lalu bergantian Si Kecil yang menjadi kucing dan mencari Bunda yang menjadi tikus.
  4. Mencari harta karun. Sembunyikan barang favorit Si kecil (mainan kesayangannya, alat tulis, buku cerita, dll). Kemudian berikan petunjuk secara tertulis dlam kertas kecil-kecil untuk Si Kecil menemukan barang tersebut. misal, tuliskan "Lemari" dan biarkan Si Kecil berlari ke arah lemari. Di lemari berikan petunjuk lainnya dalam kertas, misal betuliskan "Tangga" Si Kecil akan menaiki tangga. Tiba di tangga, Si Kecil akan menemukan kertas lain sebagai petunjuk sampai akhirnya ia menemukan barang favoritnya tersebut sebagai harta karun. 
  5. Membereskan mainan. Ajak Si Kecil untuk bermain, biarkan ia bermain dengan banyak mainan favoritnya. Setelah selesai, ajak ia untuk bersama-sama membereskan mainannya ke dalam kontainer, Bunda juga bisa mengajaknya untuk sama-sama menyimpan kontainer nya di kamarnya, pastikan beban yang harus dibawanya cocok untuk kekuatan tangan Si Kecil ya Bun :)
  6. Menelusuri Labirin. Tempatkan beberapa kursi dan meja sehingga menyerupai labirin, sehingga untuk mencapai suatu tempat Si Kecil perlu berjalan lebih jauh. Izinkan pula ia untuk merangkak melewati bagian bawah kursi atau naik ke bagian atas meja. Pastikan keamanan Si kecil juga ya Bun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar