Senin, 26 Januari 2015

Rumah Aman Tanpa Cidera

Sahabat Cookies


Kecelakaan pada Si kecil bisa terjadi di mana saja, mungkin saat Bunda dan Si Kecil jalan-jalan di kebun binatang, saat berbelanja kebutuhan bulanan, bahkan bisa pula terjadi di tempat yang kita anggap paling aman seperti misalnya di rumah. 
Usia balita memang usia di mana anak sedang senang bereksplorasi, dan ia belum tahu mana yang bahaya dan mana yang tidak. Baginya yang penting rasa penasarannya tercapai, akibatnya ia sering sekali terjatuh. 
Tak mungkin kan kita terus-terusan melarangnya, tapi tak tega juga kalo harus melihatnya sering menangis karena terjatuh. Jadi harus bagaimana ya Bund?

Jawabannya, ciptakanlah lingkungan rumah yang aman untuk Si Kecil agar meminimalisir kemungkinan ia terjatuh. Bagaimana caranya? berikut ulasannya, Happy reading :)

  1. Gunakan kunci kait pada jendela/pintu untuk mencegah kemungkinan anak menyelinap keluar, terutama untuk lantai atas.
  2. Lindungi tangga bagian teratas dengan pintu dan kunci rapat untuk menghindari resiko Si Kecil menuruni tangga tanpa pengawasan.
  3. Pastikan tangga di rumah Bunda memiliki pegangan dan pencahayaan yang cukup, perlu diingat juga untuk tidak menempatkan barang-barang pada anak tangga yang dapat membuatnya terpeleset atau terantuk.
  4. Hindari mengggunakan taplak meja karena bisa saja ditarik Si Kecil. Bahayanya, anak mungkin dapat tertimpa benda yang ikut tertarik bersama taplaknya.
  5. Pastikan lantai selalu tersapu sampai benar-benar bersih bahkan dari benda sekecil apapun agar Si kecil tak tertarik untuk "mencicipinya"
  6. Ambil mainan yang jatuh, dan segera lap genangan bekas ompol Si Kecil agar ia tak terpeleset.
  7. Simpan benda-benda berbahaya seperti obat-obatan, benda-benda dengan bahan kimia, peniti & benda tajam lainnya jauh dari jangkauan Si Kecil. 
  8. Ajak Si Kecil untuk selalu menggunakan alas kaki karet di kamar mandi, demi mencegah ia terpeleset karena licin
  9. Jangan biarkan Si kecil berlarian dengan mulut penuh makanan agar ia tak terjatuh dan tersedak
  10. Lapisi area main Si kecil dengan kabihol atau alas karet, agar ketika ia jatuh tak langsung membentur lantai, hal ini dapat meminimalisir luka berdarah atau benjol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar