Selasa, 13 Januari 2015

Si Kecil Bertanya Tanpa Henti

Sahabat Cookies


Kebiasaan bertanya Si Kecil yang tiada henti bisa jadi membuat Bunda kerepotan mencari jawaban. Namun bersabarlah! Para ahli mengatakan bahwa kebiasaan bertanya itu sangatlah baik sebagai pertanda tingginya tingkat kecerdasan Si Kecil.

Pertanyaan yang diajukan berulang-ulang juga mungkin membuat Bunda agak jengkel. Namun para ahli menyarankan agar Bunda tidak menghentikan apalagi melarang Si Kecil bertanya. Keengganan Bunda menjawab pertanyaan-pertanyaan Si Kecil dapat membuat proses belajarnya terhambat atau bahkan merosot. Lebih jauh dapat menyebabkan ia menjadi frustasi dan merasa tertekan. Yang perlu Bunda lakukan adalah menghadapi setiap pertanyaannya dengan sabar. Jawablah secara jujur, bahkan pada saat Bunda tidak tahu jawabannya. 

Saat Bunda belum menemukan jawaban dari pertanyaan Si Kecil, ajaklah ia untuk mencari referensi. Bisa lewat buku atau internet, ia akan senang dilibatkan dalam hal ini karena ia akan merasa bahwa dirinya penting dan diakui keberadaannya.

Kreativitas Bunda dalam menjawab pertanyaan Si Kecil tak hanya akan memuaskan rasa ingin tahunya, namun hal tersebut juga akan mendorong ia untuk juga berfikir kreatif. Sesekali Bunda juga bisa menjawab dengan jawaban yang akan memancing daya fikirnya, seperti “Menurut Kakak kenapa bisa begitu?” kalau Si Kecil belum bisa menjawab, Bunda tak perlu memaksa.

Hal lain yang juga bisa Bunda lakukan untuk mengasah daya fikirnya adalah dengan bermain tebak kata atau tebak benda. Sejalan dengan perkembangan kemampuan berkomunikasi Si kecil, kebiasaan bertanya tanpa henti pun akan berakhir dengan sendirinya.  

Referensi: ayahbunda.co.id

Baca juga artikel lainya.. Sahabat Cookies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar