Minggu, 16 November 2014

Permainan Congklak untuk si kecil

Sahabat Cookies


Siapa yang tak mengenal congklak/dhakon ? Tentunya permainan ini tidak hanya permainan biasa saja, pasalnya dapat membantu kecerdasan logika anak.

Permainan congklak atau bisa disebut permainan kejujuran ini merupakan permainan yang berasal entah dari negara Arab atau Afrika, namun yang pasti permainan ini menjadi permainan yang populer di Indonesia. Bermain congklak dengan anak pasti akan seru. Selain dapat lebih dekat dengan anak, Anda juga dapat memberikan upaya pelestarian permainan tradisional agar tidak begitu saja dilupakan.

Permainan ini dimainkan oleh dua (2) orang saja. Anda cukup menyediakan media papan kayu atau plastik yang berisi 5-7 pasang lubang berhadapan dan masing-masing 1 lubang agak besar (biasa disebut "rumah") di sisi kanan dan kiri. Selain itu, Anda perlu menyiapkan biji-bijian sebagai alat mainnya sejumlah 98 (jika memakai 7 lubang pada masing-masing sisi berarti perhitungannya yaitu 7x2x7) biji. Biji-bijian ini dapat berasal dari biji sawo, kerang, maupun benda kecil lainnya.

Langkah pertama permainan ini adalah mengisi 14 lubang kecil yang berhadapan masing-masing dengan 7 biji. Kemudian, Anda dapat menentukan siapa yang terlebih dahulu menjalankan permainan. Eductory menyarankan agar anak Anda menjadi giliran pertama yang menjalankan permainan. Ini tidak lain untuk lebih mendekatkan Anda dan si anak. Lalu, anak Anda dapat memilih salah satu lubang yang berada di sisinya dan mengambil ketujuh bijinya untuk disebarkan searah jarum jam ke tiap-tiap lubang masing-masing satu (1) biji.

Bila saat berjalan, biji di genggaman habis di lobang kecil yang terdapat biji lain, maka anak Anda bisa mengambil biji tersebut dan terus jalan. Demikian juga, jika biji genggaman habis di lobang “rumah”, maka anak Anda tetap dapat melanjutkan dengan memilih lobang di sisi miliknya. Nah, jjka habis di lobang kecil yang kosong di sisinya, anak Anda dapat mengambil biji yang terletak berhadapan (lobang milik Anda), biasa disebut "tembak". Namun, jika habis di lubang kosong milik Anda, maka permainan anak anda mati. Permainan akan berakhir jika tidak ada lagi biji yang bisa diambil. Pemenang dari permainan ini adalah yang memiliki biji paling banyak di “rumah”nya.

Dengan congklak, anak Anda juga dilatih untuk cermat dan belajar berstrategi untuk memenangkan permainan ini. Nilai lainnya yaitu anak Anda dapat belajar matematika. Selain itu, bermain congklak tentu saja akan melatih anak berinteraksi social dan meningkatkan kepercayaan diri anak tanpa kehilangan makna keceriaan dalam bermain itu sendiri. Pendapat lain mengenai congklak yaitu merupakan permainan yang melatih kejujuran seorang anak.

Tentu congklak merupakan pilihan permainan tanpa menghilangkan seni belajar di dalamnya. Jadi, tunggu apalagi ? Selamat bermain dan belajar !

Sumber : http://eductory.com/

Baca juga artikel lainya.. Sahabat Cookies

Main Olah Otak Cerdaskan Anak

Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini
Menyayangi binatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar