Selasa, 10 Maret 2015

Si Kecil Suka Mengigit

Sahabat Cookies


Bunda, di usia Si kecil yang menginjak 6 bulan ia sering merasa tidak nyaman dengan gusi nya, ini ada hubungannya dengan mulai tumbuhnya gigi susu. Ia jadi senang sekali main gigit-gigit, apapun itu! Baju yang dipakainya, mainannya, bahkan jari Bunda yang bersiap membelai malah digigitnya. Nah, kalau sudah begini bagaimana yaa cara mengatasinya? Bagaimana agar ia tetap nyaman dalam proses tumbuh gigi ini ?

Berikut dipaparkan beberapa trik agar Si Kecil tetap aman dan nyaman dalam hobby baru nya gigit-mengigit. Happy reading, semoga bermanfaat.
  1. Berikan roti bagel beku. Tekstur roti bagel yang keras ternyata akan sangat mudah melunak ketika basah terkena air liur si kecil. Bekukan roti di dalam freezer dan sensasi dinginnya akan membantu gusi Si kecil lebih nyaman saat ia mengigit nya.
  2. Variasikan gigitan dengan waslap dan teh chamomile. Caranya: Celupkan waslap kecil ke dalam teh chamomile, masukkan ke freezer hingga kaku. Tehh chamomile membantu mengurangi rasa tak nyaman pada gusi Si Kecil yang bengkak, sementara paduan tekstur kain waslap yang lembut dan rasa dingin membuat gusi mati rasa untuk sementara.
  3. Waslap dan Es batu. Bunda juga sesekali boleh memvariasikan gigitan Si Kecil dengan memasukkan potongan es batu ke dalam waslap, ikat ujung waslap agar potongan es batu tak jatuh saat Si Kecil menggigitnya. Biarkan Si Kecil mengunyak-ngunyah es batu tersebut.
  4. Potongan Buah dan Mesh Feeder. Masukkan potongan buah (boleh buah segar ataupun buah beku) ke dalam mesh feeder, teether berjaring yang  biasa diisi makanan. Biarkan Si kecil mengunyah buah atau sayur dalam mesh feeder tersebut, hal tersebut akan membuat gusi nya merasa lebih nyaman.
  5. Wortel dingin. Sesekali berikan Si kecil wortel dingin utuh, hindari memberikan yang sudah dipotong ya Bun untuk menghindari Si kecil tersedak.
  6. Sendok dingin. Sendok yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam kulkas atau freezer juga bisa menjadi variasi gigitan untuk Si Kecil. Penting untuk diingat, berilah Si Kecil sendok yang pegangannya tidak terlalu panjang agar tidak merogok ke tenggorokannya. 
Referensi: http://www.parenting.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar