Kamis, 12 Maret 2015

Sukses Menyapih Si Kecil

Sahabat Cookies



Si Kecil kini berulang tahun yang ke-2, rasa bangga dan bahagia tentu menyelimuti perasaan Bunda dan semua anggota keluarga karena melihatnya sehat dan tambah besar. Namun tak hanya itu, di usia 2 ini ada tantangan besar yang harus dihadapi yaitu masa-masa menyapih Si Kecil. Tentu bukan hal yang mudah merubah satu kebiasaan yang baginya sangat nyaman dan menyenangkan, jangan khawatir Bunda ada beberapa tips yang dapat Bunda coba praktekan agar acara menyapih Si Kecil berjalan sukses. 
  1. Perhatikan kondisi fisik dan psikologis Si Kecil. Tunda dulu acara menyapih jika Si kecil sedang dalam keadaan tidak nyaman baik secara fisik maupun psikologis misal ia sedang sakit atau sedang mencoba adaptasi dengan pengasuh baru. Jangan sampai acara menyapih membuat Si Kecil merasa ditolak dan menjadi lebih tertekan.
  2. Lakukan dengan perlahan. Bunda dapat mulai menyapih dengan mengurangi frekuensi menyusu Si Kecil. Jika biasanya ia menyusu sampai 4 kali dalam sehari, secara perlahan ubah menjadi 3 kali sehari, 2 hari sekali, sampai akhirnya ia dapat berhenti sama sekali.
  3. Bicarakan pada Si Kecil mengenai keinginan menyapih, tentunya dengan bahasa Si kecil yang mudah difahami, misal “Kak, minum susu nya kita ganti jus yuk..enak lhoo”. Penting pula untuk Bunda memberikan pengertian yang logis mengapa ia harus berhenti menyusu. Misal, karena ia sekarang sudah besar,,sudah berusia 2 tahun, sudah mau masuk preschool, atau karena ia sudah pintar makan buah dan sayur jadi ia harus berhenti minum ASI.
  4. Alihkan perhatiannya. Buat Si Kecil sibuk dengan hal-hal yang menyenangkan baginya misal permainan-permainan yang seru, buku cerita favoritnya yang full color dan gambar, atau hobi nya menari. Intinya lakukan aktivitas menyenangkan bersamanya agar ia tahu bahwa meski tanpa ASI ia tetap dicintai.
  5. Berikan ia tauladan lewat buku cerita atau lingkungan sosial mengenai kemandirian dan kehebatan tokoh yang tidak lagi menyusu pada ibu nya. Misal ia suka akan tokoh Elsa di film Frozen, katakan padanya “Elsa itu hebat ya Kak..dia bisa begitu soalnya suka makan sayur dan buah, suka nurut kata-kata Bundanya, dan dia juga udah ga minum ASI lagi lhoo, Kakak mau jadi kyak Elsa kan?
  6. Untuk menghilangkan kebiasaan menyusu sebelum tidur, Bunda sebaiknya menggantinya dengan rutinitas lain yang menyenangkan baginya. Misal, membacakan dongeng pengantar tidur sambil mengusap-usap punggungnya.
  7. Jika Si Kecil terbangun malam hari dan ingin menyusu, mintalah bantuan ayahnya untuk bangun dan memberikan air putih atau susu dalam training cup dan mengajaknya tidur kembali dengan digendong dan diiringi nyanyian. Jika tetap Bunda yang menghampiri biasanya ia akan merengek minta ASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar