Selasa, 17 Maret 2015

Mengatasi Rasa Sakit Pada Bayi

Sahabat Cookies



Ada kalanya Si bayi mungil kesayangan Bunda harus merasa sakit karena prosedur medis, misal saat ia diberi vaksin atau saat ia harus disunat untuk bayi laki-laki. Namun, Bunda jangan khawatir ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit dan membuat Si bayi mungil merasa lebih nyaman. 

Berikut 5 cara mengatasi rasa sakit pada bayi menurut M. Teres Verklan, Ph.D, seorang perawat spesialis neonatal di University of Texas Health Science Center’s School of Nursing, Houston:
  1. Biarkan si bayi menghisap dot atau puting ibu ketika atau setelah prosedur medis seperti vaksinasi
  2. Berikan kontak skin to skin (kulit ke kulit) antara Bunda dan bayi. Gendonglah Si bayi yang bertelanjang dada dengan menggunakan tangan bunda.
  3. Gunakan Lidocaine. Lidocaine adalah krim pengurang rasa kaku yang banyak tersedia di apotek dan dapat dioleskan kapan saja pada kulit si bayi. Membutuhkan waktu sekitar 60 sampai 90 menit untuk krim ini benar-benar bekerja mengurangi rasa sakitnya, tapi pengolesannya akan sangat membantu.
  4. Untuk bayi laki-laki yang disunat berikan subcutaneous ring block atau anestesi lokal pada dasar penis atau kulit bawah sekitar penis. Krim Lidocaine dapat meresap ke dalam kulit sebelum Si bayi disunat. Minta dokter untuk mengeoleskannya terlebih dahulu sebelum proses sunat berlangsung.
  5. Jika dokter memperbolehkan gunakan acetaminophen setelah si bayi mengalami prosedur medis apapun yang menyakitkannya, agar rasa sakitnya terminimalisir. 
Referensi: parenting.co.id


Baca juga artikel lainya.. Sahabat Cookies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar